WELCOME,Daftar Bacaan,Tentang Kami, Panduan,Info,Artikel

Selasa, 15 September 2015

Cara Purging pada AC Split

Cara Purging pada AC Split





<<<<  DOWNLOAD GRATISSS !!!




Salam Pembaca…
Apa maksud Air Purging?.Ketika anda memasang  Air Condition(AC) baru. Maka sebelum AC  di Gunakan
Maka AC tersebut perlu di Purging dulu…yaitu  membersihkan udara pada evaporator (indoor) dan pipa2 penghubung antara Indoor dan Out Door.Sehingga didalam evaporator murni hanya berisi  gas refrigerant (Freon).
Sebab kalau tidak ,udara biasa ini bisa mengganggu proses sirkulasi gas Refrigerant didalam pipa2 Ac tersebut.(akan bisa  menyebabkan  adanya air bahkan mungkin pembekuan air tsb. Karena perbedaan Karakter Udara dengan karakter Gas Refrigerant  yang digunakan).
Pada umumnya ketika anda beli AC split baru, Ac tersebut telah berisi Gas refrigerant  yang berada di kolector Out Door unit juga di pipa2 sampai valve2 out Door tsb. Oleh karenanya Valve2 /Kran2 ini dalam keadaan In Shipping  yang biasanya disegel agar tidak bisa dibuka kecuali oleh teknisinya ketika AC tsb mahu di pasang/digunakan. Yaitu ketika prosedur purging mulai di kerjakan.
Dibawah ini saya posting cara purging yang simple untuk tambahan pipa2 penghubung sekitar 4 e/d 6m.
Sedang untuk penyambungan pipa2 penghubung diatas 10m bisa pakai cara kedua. Inipun  tergantung saran di Katalog yang biasanya disertakan di Box Out Door tsb, Juga termasuk spect maesin AC tsb.
Untuk mengetahui batasan panjang pipa tambahan serta ,rating current amper maupun juga Start amper juga diterangkan secara lengkap di Katalog ini bahakan  untuk current amper serta start amper selalu tertulis di plat mesin Outddor unit tsb. Adanya keterangan start amper maupun  cureentt amper/run amper. Berguna diketahui agar anda bisa menyesuaikan kapasitas listrik dari jaringan PLN di rumah anda atau dimana AC tsb akan di pasang.
Start amper apa maksudnya? Start amper ialah arus listrik yang akan tepakai ketika 1 atu 2 detik ketika mesin AC tersebut mulai  di starting/ dinyalakan. Tinggi start amper bisa beberapa kali diatas Run amper. Oleh karenanya bila kapasitas Mcb di jaringan listrik  yang dipakai tak mencukupi .akan menyebakam MCB tsb trip.
Run amper apa maksudnya? Run amper adalah Arus yang digunakan untuk  kompresor ketika kompresor berjalan normal. Run amper  pada AC split juga bisa digunakan untuk mendeteksi apakah berat Freon/refrigerant didalam system normal, kurang atau lebih. Ketika anda mengukur tinggi amper ketika mesin berjalan dengan arus Amper lebih tinggi dari arus amper yang tertulis di plat mesin, bisa diartikan bahwa Freon didalam sitem tersebut terlalu banyak. Begitu pula sebaliknya : bila arus amper yang anda ukur terlau rendah berarti Freon/refrigerant didalm system tsb kurang anda bisa menabahinya melalui charge valve… juga bisa menguranginya pakai charge valve ini, tentunya dengan procedure yang benar ketika menutup dan membuka charge valve ini. Kalau anda menambah Freon system harus  dalam keadaan OF. Tapi kalau mengurangi Freon boleh saat  mesin dalam keadaan berjalan… Untuk hal ini akan saya jelaskan di postingan lain. Untuk kali ini saya hanya kosentrasi pada bab cara Purging pada AC jenis Split.


Dibawah ini adalah  gambar Diagram Intalasi AC Split.


Untuk Prosses Air Purging cara nya sbb:
1. Buka Valve Port A..Valve Port B tetap tertutup.
2. Anda hanya harus kendorkan Cap Port charge  B…. Udara akan keluar dari Port ini karena dorongan Gas refrigerant. (kira-kira 15  atau 20 detik kencangkan kembali Cap port charger tsb/flare nut)) kemudian test kebocoran pipa pakai busa dan air sabun.  Kalau cap tadi tidak Bocor, juga sambungan2 valve tidak bocor proses AirPurging selesai. Anda bisa menghidupkan AC anda.

Dabawah ini adalah Posisi buka/tutup Valve port dalam Kondisi masing2.

Valve Poort Gambar 1a. Adalah kondisi Service Valve saat Out Door unit pada waktu Shiping atau Packaging .Yaitu semua valve port dalam keadaan tertutup...didalam Out Door sudah berisi Cairan.gas Refrigerant.
Wide Tube: adalah pipa Refrigeran yang lebih besar.
Narrow Tube:adalah pipa refrigerant kecil;


Gambar.2 (Fig 44-B)
Valvre Port Gambar 2 :Adalah Kondisi ValveService saat  Ac sudah dijalankan  atau Operasioning  .Yaitu semua valve port telah terbuka dan Cap Charge Port  dalam keadaan tertutup. 

Gambar 3. (Fig.44-c }
Valve Port  Gambar 3 Adalah posisi Valve service dalam  keadaan Sedang mengisi Refrigerant.(Freon) Melalui  Charge Port. Disini Cap Charging di ganti dengan Pipe Conektor.

Gambar 4.(Fig44-d) 
Valve Port  Gambar 4 Adalah posisi Valve service dalam  keadaan Sedang prosses air purging.. Udara
keluar melalui  Charge Port. Disini Cap Charging di kendorkan agar udara bisa keluar.

Untuk Prosses Air Purging Cara kedua. : lihat gambar dibawah ini


Untuk Prosses Air Purging Cara kedua.Langkahnya Sbb:
Lihat sket gambar di atas
Kendorkan Cap charge Port A… Semua valve Servise dalam kadaan tertututp. Buka Kran atau valve Tabung Preon.. R22 . Udara akan keluar melalui Cap port A  biarkan selama kurang lebih 10 atau 15 detik.  Setelah cukup Kencangkan kembali Cape port A.Bersamaan dengan menutup kran/valve tabung Freon. Test kebocoran daerah Cap dan sambungann2. Dengan Busa dan air sabun. Kalu tidak ada yang Bocor   Buka/open  port valve B  agar Cahrge valve Tertutup ..Seperti Posisi gambar Valve Port no 2. dibawab ini


Pasang lagi cap2 yang tadi dilepas...
Prosses Purging selesai.
Sekian mudah2 an berguna untuk anda . tolong Share ke Face book  bila anda punya account FB atau G+
Silahkan Koment di kolom Komentar.
Sallam:Gumilar

Gratis Bonus $ 50 (usd) Program Afilasi DomainIt    >>>> 


Become a hosting reseller, get a $50 signup bonus!

Tidak ada komentar: